Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 13 Feb 2024 19:59 WIB ·

Apa Itu Kurikulum? Kenali Pengertian, Fungsi dan Konsepnya


Ilustrasi Belajar Di Sekolah (img: pexels.com by pixabay) Perbesar

Ilustrasi Belajar Di Sekolah (img: pexels.com by pixabay)

Dalam konteks Pendidikan, ini memiliki peran yang sangat penting. Jika tidak sesuai, peserta didik tidak akan mencapai target pembelajaran yang di inginkan. Bagi individu yang terlibat dalam dunia pendidikan, memahami esensinya serta detailnya sangatlah penting. Berikut adalah penjelasan tentang apa itu kurikulum serta aspek-aspek penting lainnya yang perlu di pahami.

Apa Itu Kurikulum?

Apa itu Kurikulum

Ilustrasi Belajar Di Sekolah (img: pexels.com by pixabay)

Ini dapat di jelaskan sebagai rangkaian rencana, tujuan, dan materi pembelajaran, serta metode pengajaran yang menjadi pedoman bagi pengajar untuk mencapai target pembelajaran dengan efektif. Secara etimologis, kata “kurikulum” berasal dari bahasa Yunani yang berarti “pelari” atau “tempat berpacu”, awalnya digunakan dalam konteks olahraga. Dalam konteks pendidikan, ini menjadi sejumlah langkah yang harus di ambil oleh peserta didik untuk mencapai pencapaian tertentu. Istilah ini kemudian di adaptasi dalam dunia pendidikan.

Apa Saja Fungsi Kurikulum?

Ilustrasi Buku Pelajaran (img: pexels.com by pixabay)

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, ini merupakan peranan penting dalam berbagai aspek pendidikan:

  • Bagi Kepala Sekolah: Ini memungkinkan kepala sekolah untuk mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan di sekolah, termasuk melakukan koordinasi dan supervisi terhadap proses pembelajaran.
  • Bagi Guru Mata Pelajaran: Kedua, ini menjadi pedoman bagi guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran di dalam dan di luar kelas.
  • Bagi Peserta Didik: Ketiga, ini dapat memberikan arahan kepada peserta didik tentang program pendidikan yang harus mereka pelajari dan pahami, serta target pembelajaran yang harus mereka capai.
  • Bagi Orang Tua atau Masyarakat: Meskipun tidak terlibat langsung dalam pembelajaran, orang tua memainkan peran penting dalam mendukung keberhasilan peserta didik, dan mereka menerima laporan tentang kemajuan pembelajaran siswa.

Bagaimana Konsepnya?

Ilustrasi Anak Sekolah (img: pexels.com by oleksandr)

Kurikulum merupakan sesuatu yang terencana dengan konsep yang terus berkembang seiring waktu. Perubahan dalam masyarakat juga berdampak pada evolusi konsepnya. Secara umum, ada tiga konsep utama tentang kurikulum.

  • Kurikulum sebagai Substansi: Pertama, ini berfungsi sebagai rencana pembelajaran yang mencakup tujuan, materi, kegiatan belajar-mengajar, jadwal, dan evaluasi.
  • Kurikulum sebagai Sistem: Kedua, ini merupakan bagian dari sistem pendidikan yang meliputi struktur personalia dan prosedur kerja untuk menyusun, melaksanakan, mengevaluasi, dan menyempurnakannya.
  • Kurikulum sebagai Bidang Studi: Ketiga, ini juga di pandang sebagai sebuah bidang studi yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman tentang itu sendiri.

Itulah pembahasan mengenai pengertian hingga konsepnya. Semoga ini bisa menambah pengetahuan anda seputar kurikulum pada pendidikan.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer

Mengenal Pantomim: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Teknik Dasar

18 Mei 2024 - 21:46 WIB

Mengenal Pantomim

Sistem Ekonomi Campuran: Pengertian dan Ciri-cirinya

16 Mei 2024 - 20:57 WIB

Kebijakan Fiskal Kontraktif

Manfaat Study Tour yang Bisa Didapatkan Siswa

15 Mei 2024 - 22:47 WIB

Manfaat Study Tour
Trending di Edukasi