Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 23 Apr 2024 21:24 WIB ·

Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Hambatan Mobilitas Sosial


Ilustrasi Menghindari Keramaian (img: andrea piacquaduo) Perbesar

Ilustrasi Menghindari Keramaian (img: andrea piacquaduo)

Mobilitas sosial adalah sebuah konsep yang menggambarkan kemampuan individu atau kelompok untuk berpindah dari satu lapisan sosial ke lapisan sosial yang lain, baik secara horizontal (antargenerasi) maupun vertikal (dalam satu generasi). Namun, dalam realitasnya, mobilitas sosial seringkali di hambat oleh berbagai faktor yang kompleks dan terkadang sulit di atasi. Artikel ini akan menjelaskan beberapa faktor utama yang mempengaruhi penghambat mobilitas sosial.

Faktor Yang Mempengaruhi ialah Kondisi Ekonomi Keluarga

Faktor Yang Mempengaruhi

Ilustrasi Time of Value (img: tweakyourbiz.com)

Salah satu faktor utama yang memengaruhi mobilitas sosial adalah kondisi ekonomi keluarga. Individu yang lahir dalam keluarga dengan tingkat pendapatan rendah atau akses terbatas terhadap pendidikan dan kesempatan ekonomi cenderung menghadapi kesulitan dalam mencapai mobilitas sosial yang tinggi. Faktor-faktor ini dapat menciptakan lingkungan yang kurang mendukung perkembangan individu dan membatasi akses mereka ke sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan posisi sosial mereka.

Faktor yang Mempengaruhi ialah Pendidikan

Faktor Yang Mempengaruhi

Ilustrasi Lulus Kuliah (img: pexels.com by emily ranquist)

Pendidikan memainkan peran kunci dalam menentukan mobilitas sosial. Namun, akses terhadap pendidikan berkualitas tidak merata di seluruh masyarakat. Individu dari latar belakang ekonomi yang rendah sering kali tidak mampu mengakses pendidikan yang memadai atau berkualitas tinggi karena kendala finansial atau kurangnya fasilitas pendidikan di lingkungan mereka. Selain itu, faktor seperti diskriminasi, stereotip, dan ketidaksetaraan dalam sistem pendidikan juga dapat menjadi penghambat bagi mobilitas sosial.

Faktor Yang Mempengaruhi ialah Diskriminasi dan Ketimpangan Sosial

Ilustrasi Menghindari Keramaian (img: andrea piacquaduo)

Diskriminasi berbasis pada faktor seperti jenis kelamin, ras, etnisitas, agama, atau orientasi seksual juga dapat menjadi penghambat mobilitas sosial. Ketidakadilan struktural yang mendasari sistem sosial juga dapat memperkuat disparitas sosial dan menghambat perubahan dalam mobilitas sosial.

Keterbatasan Kesempatan Ekonomi

Faktor Yang Mempengaruhi

Ilustrasi Mencari Kerja (img: kitalulus)

Keterbatasan kesempatan ekonomi, termasuk akses terhadap pekerjaan yang layak dan berkualitas, juga dapat menjadi penghambat mobilitas sosial. Ketidakstabilan ekonomi, tingkat pengangguran yang tinggi, dan kurangnya mobilitas vertikal dalam struktur pekerjaan dapat membuat sulit bagi individu untuk meningkatkan status sosial mereka meskipun memiliki kualifikasi yang memadai.

Warisan Sosial dan Budaya

Mengenal Turnover

Ilustrasi Memanfaatkan Peluang (img: pexels.com by fauxels)

Faktor-faktor sosial dan budaya, seperti norma-norma yang membatasi peran gender, harapan keluarga terhadap anak-anak mereka, dan tradisi yang mempertahankan struktur sosial yang ada, juga dapat menjadi penghambat mobilitas sosial. Keterikatan pada norma-norma dan nilai-nilai tertentu dapat menghambat individu untuk melangkah di luar batasan yang ditetapkan oleh masyarakat mereka.

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi