Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 2 Jan 2024 13:57 WIB ·

Hari Pendidikan Internasional: Kenali Sejarah dan Tujuannya


Hari Pendidikan Internasional: Kenali Sejarah dan Tujuannya Perbesar

Tanggal 24 Januari mendatang memperingati Hari Pendidikan Internasional yang mana di rayakan setiap tahun. Ini merupakan momen yang sangat penting di kalender global yang memperjuangkan hak pendidikan untuk semua kalangan di seluruh dunia. Dalam hal ini, kita akan mengulas seputar sejarah dan tujuan dari International Education Day yang di buat untuk mempromosikan akses pendidikan yang adil, inklusif, dan berkualitas.

Sejarah Hari Pendidikan Internasional

Hari Pendidikan International

Ilustrasi International Education Day (img: pngtree.com)

Peringatan ini bermula pada tahun 1989, yang mana Konvensi Hak Anak menegaskan tanggung jawab semua negara untuk memberikan kesempatan pendidikan tinggi kepada semua warganya. Pendidikan dianggap sebagai hak asasi manusia dan kewajiban bersama, sebagaimana di akui dalam Pasal 26 Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.

Deklarasi tersebut mengamanatkan pendidikan dasar yang gratis dan wajib. Konvensi Hak Anak yang diadopsi pada tahun 1989 juga menegaskan pentingnya akses pendidikan tinggi untuk seluruh individu. Pada Desember 2018, Majelis Umum PBB menetapkan tanggal 24 Januari sebagai Hari Pendidikan Internasional, untuk merayakan peran pendidikan dalam pembangunan dan perdamaian global.

Tujuan Internasional Education Day.

Ilustrasi Lulus Kuliah (img: unsplash.com)

Adapun pada peringatan International Education Day ini memiliki tujuan yang perlu anda ketahui di bawah ini.

  • Mendorong Akses Pendidikan untuk Semua

Pertama, tujuan utama pada peringatan ini adalah memastikan bahwa setiap individu, tanpa memandang usia, jenis kelamin, hingga latar belakang ekonomi berhak memiliki akses  pendidikan yang setinggi-tingginya.

  • Mengatasi Disparitas Pendidikan

Sepanjutnya, dalam banyak negara, disparitas dalam akses dan kualitas pendidikan masih menjadi tantangan. Hari Pendidikan Internasional bertujuan untuk menyoroti dan mengatasi ketidaksetaraan tersebut, memastikan bahwa semua anak-anak dan dewasa memiliki kesempatan yang sama untuk belajar.

  • Mendorong Kesadaran Pendidikan Global

Sementara itu, melalui peringatan Hari Pendidikan Internasional, masyarakat di seluruh dunia di harapkan dapat memahami pentingnya pendidikan sebagai fondasi pembangunan sosial dan ekonomi yang berkelanjutan.

  • Mendorong Inovasi Pendidikan

Sementara itu, Hari Pendidikan Internasional juga menjadi waktu yang tepat untuk merayakan dan mendorong inovasi dalam dunia pendidikan. Dengan berkembangnya teknologi, metode pengajaran yang kreatif dan solusi pendidikan baru dapat membantu meningkatkan efektivitas sistem pendidikan.

  • Menghormati Peran Guru

Selanjutnya, peran seorang guru memegang peranan sentral dalam penyampaian pendidikan yang bermakna. Perayaan Pendidikan Internasional ini menjad kesempatan untuk menghormati dan mengakui kontribusi besar para guru di seluruh dunia.

  • Mendorong Kemitraan Global

Terakhir ialah meningkatkan kerjasama dan kemitraan antara negara-negara, organisasi internasional, dan sektor swasta adalah salah satu tujuan utama peringatan ini. Selain itu, juga untuk mencapai perubahan yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara global.

Demikian pembahasan mengenai Hari Pendidikan Internasional. Dengan peringatan ini dapat memberikan inspirasi serta motivasi bagi semua pihak terkait untuk berkontribusi dalam menciptakan dunia di mana setiap orang memiliki akses penuh dan setara terhadap pendidikan. Di sisi lain, dengan memperingati dan merayakannya, kita dapat merangkul ini bersama-sama hadapi perubahan positif dan menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi semua generasi.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 85 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi