Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 19 Feb 2024 16:05 WIB ·

Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Daya Ingat


Ilustrasi Sayuran (img: halodoc) Perbesar

Ilustrasi Sayuran (img: halodoc)

Otak adalah komponen tubuh yang sangat vital. Fungsi otak tidak terbatas hanya pada pengingatan, melainkan juga sangat terhubung dengan semua organ penting dalam tubuh. Otak bertanggung jawab atas berbagai fungsi penting seperti mengatur detak jantung, menghasilkan hormon yang di perlukan, dan mengendalikan tekanan darah, di antara banyak peran lainnya. Menariknya, otak menggunakan sekitar 20% dari total kalori yang di konsumsi oleh tubuh, ini penting karena kalori tersebut menjadi sumber energi yang di butuhkan untuk menjaga konsentrasi sepanjang hari. Selain itu, otak juga memerlukan nutrisi khusus seperti asam lemak omega-3, vitamin, antioksidan, dan mineral. Berikut adalah jenis makanan yang dapat meningkatkan daya ingat.

Jenis Makanan Pertama adalah Buah Berry

Jenis Makanan

Ilustrasi Buah Berry (img: halodoc)

Buah-buahan berry mengandung polifenol, zat antioksidan yang dikenal menguntungkan bagi otak. Beberapa manfaatnya termasuk meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak, mengurangi peradangan dalam tubuh, meningkatkan fleksibilitas otak untuk membentuk hubungan baru, serta meningkatkan kemampuan belajar dan ingatan, mengurangi risiko atau menunda penyakit neurodegeneratif terkait usia, dan mencegah penurunan kognitif. Buah berry seperti stroberi, blackberry, raspberry, dan blueberry mengandung flavonoid dan anthocyanin yang tinggi. Antioksidan dalam buah berry, terutama vitamin C, berperan penting dalam pencegahan kanker.

Jenis Makanan Kedua Adalah Coklat

Ilustrasi Coklat (img: orami)

Antioksidan dan Flavonoid dalam dark chocolate dikenal sebagai zat anti inflamasi dan juga meningkatkan daya ingat. Menurut penelitian dalam FASEB Journal, mengonsumsi dark chocolate dengan minimal 70% kandungan kakao akan meningkatkan frekuensi gamma dalam otak, yang menguntungkan untuk memperbaiki daya ingat setelah konsumsi dan bertahan selama dua jam.

Kacang-Kacangan

Ilustrasi Kacang-Kacangan (img: hellosehat.com)

Kacang-kacangan merupakan makanan istimewa karena memberikan energi dari karbohidrat kompleks dan protein, serta serat, mineral, dan vitamin. Kacang baik untuk otak karena memberikan energi yang tahan lama dan mendukung kinerja berpikir. Penelitian menunjukkan kacang pinto dan kacang merah mengandung lebih banyak asam lemak Omega-3 daripada jenis kacang lainnya. Kacang tanah dan selai kacang juga kaya akan vitamin E dan antioksidan, yang melindungi sel saraf dan otak serta membantu penggunaan glukosa sebagai sumber energi harian.

Telur

Ilustrasi Telur (img: hellosehat.com)

Telur membantu menunda penurunan fungsi otak dan mengandung berbagai vitamin yang esensial untuk kesehatan otak, seperti B6, B12, folat, dan kolin. Sebuah studi menunjukkan bahwa asupan kolin yang cukup dapat meningkatkan daya ingat dan kesehatan mental secara keseluruhan. Sumber yang kaya akan kolin adalah kuning telur, dengan setiap kuning telur mengandung sekitar 112 mg kolin. Khususnya untuk ibu hamil, konsumsi telur sangat disarankan karena kolin dapat mendukung perkembangan otak bayi. Selain itu, vitamin B kompleks (B6, B12, dan asam folat) dalam telur dapat mengurangi kadar homosistein dalam darah, yang berkaitan dengan risiko stroke, gangguan kognitif, dan penyakit Alzheimer.

Gandum Murni

Ilustrasi Gandum (img: klikdokter.com)

Otak membutuhkan pasokan glukosa yang stabil, dan gandum murni membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Serat dalam gandum murni membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Makanan ini juga kaya akan vitamin B yang mendukung kesehatan sistem saraf. Jika Anda memiliki kesulitan dalam mengingat informasi, mengonsumsi gandum murni secara teratur bisa menjadi pilihan yang baik. Contoh makanan yang termasuk dalam kategori gandum murni adalah beras coklat, roti gandum utuh, sereal, dan tortilla gandum utuh.

Sayuran

Jenis Makanan

Ilustrasi Sayuran (img: halodoc)

Mengonsumsi secara rutin sayuran hijau, seperti bayam dan kale, dapat meningkatkan kemampuan daya ingat karena kandungan antioksidan dan asam folatnya. Penelitian menunjukkan bahwa asam folat dapat meningkatkan daya ingat dengan mengurangi peradangan di otak dan meningkatkan aliran darah ke otak. Sayuran lain yang bermanfaat untuk daya ingat adalah wortel, labu, ubi jalar, tomat, dan kubis ungu. Kubis ungu khususnya kaya akan vitamin C dan antosianin, yang sangat penting bagi kesehatan otak.

Itulah pembahasan mengenai makanan yang bisa meningkatkan daya ingat. Dengan memperbanyak konsumsi makanan bergizi tidak hanya menambah daya ingat tetapi juga kesehatan tubuh.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya

Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Hambatan Mobilitas Sosial

23 April 2024 - 21:24 WIB

Kena Blacklist di UTBK SNBT 2024, Berikut 7 Penyebabnya!

22 April 2024 - 20:17 WIB

Tips dapat nilai bagus

Enterprise Resource Planning: Kenali Komponen dan Manfaatnya

20 April 2024 - 21:39 WIB

Enterprise Resource Palnning

Pengertian Akronim dan Perbedaannya dengan Singkatan

16 April 2024 - 19:19 WIB

Pengertian Akronim

Mengenal Turnover dan Cara Mengatasinya.

14 April 2024 - 20:33 WIB

Mengenal Turnover

Perbedaan Marketing dan Sales: Pahami Peran dan Kontribusinya

13 April 2024 - 20:19 WIB

Perbedaan Marketing
Trending di Edukasi