Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 11 Mei 2022 12:00 WIB ·

Magang Sejak Jadi Maba? Bisa Banget!


Img: rencanamu.id Perbesar

Img: rencanamu.id

Magang merupakan kegiatan dengan begitu banyak manfaat terutama untuk mahasiswa. Akan tetapi, masih banyak mahasiswa yang menunggu naik pada semester yang umumnya adalah semester 5 untuk menikmati kesempatan magang ini. Padahal, sebenarnya magang bisa dilakukan oleh siapa pun, kapan pun, dan pada semester berapa pun. Bahkan, jika kamu masih duduk di bangku awal perkuliahan atau masih berstatus maba alias mahasiswa baru, kamu tetap memiliki kesempatan untuk bergabung ke dalam program-program magang. Nah, sebelum memasuki pembahasan yang lebih dalam, yuk, kita kupas satu per satu perihal magang ini!

 

Sebenarnya apa sih magang itu?

Magang adalah suatu periode pengalaman kerja yang diberikan dalam jangka waktu yang terbatas. Kesempatan magang ini biasanya diberikan oleh suatu organisasi dengan atau tanpa upah. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, magang merupakan bagian dari sistem pelatihan kerja untuk meningkatkan keterampilan tertentu.

 

Manfaat magang

Menjadi salah satu peserta magang akan menjadi sebuah pengalaman yang luar biasa karena akan banyak manfaat yang kita dapatkan. Manfaat-manfaat itu meliputi:

  1. Memiliki pengalaman kerja
  2. Melatih skill, baik hardskill maupun softskill
  3. Memperluas networking
  4. Mendapatkan banyak pelajaran baru
  5. Bertemu dan bekerja secara langsung bersama orang-orang yang sudah berpengalaman
  6. Memiliki kesempatan tumbuh lebih baik
  7. Membangun jaringan profesional
  8. Memiliki kesempatan untuk menjadi pegawai tetap
  9. Mempercantik CV dan resume
  10. Meningkatkan kepercayaan diri
  11. Mendapatkan kesempatan mentorship
  12. Mendapatkan fee untuk magang yang berbayar

 

Siapa yang dapat mengikuti program magang?

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah siapa pun dapat mengikuti program magang. Memang benar terdapat program magang yang kewajibkan pesertanya untuk minimal berada di semester 5 atau semester yang sudah tidak memiliki perkuliahan di dalamnya. Hal itu bertujuan agar proses magang dapat dilaksanakan secara maksimal sesuai dengan target organisasi penyelenggara program magang tersebut.

Akan tetapi, tidak sedikit juga organisasi yang membuka kesempatan magang untuk para maba, lho! Nah, kamu harus pintar-pintar mengambil kesempatan magang ini. Dengan segudang manfaat yang ada, program magang tidak akan merugikan masa awal perkuliahanmu jika kamu mengambil program magang ini sejak maba. Namun, jangan asal mendaftarkan diri pada program magang. Pastikan terlebih dahulu bahwa program tersebut berasal dari organisasi yang terpercaya agar manfaat-manfaat dari magang dapat kamu dapatkan dengan baik!

 

Nah, itulah pemaparan terkait magang sejak maba yang bisa banget kamu lakukan. Dengan manfaat yang sebanyak itu, yakin masih mau skip program magang?

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 498 kali

Baca Lainnya

Enterprise Resource Planning: Kenali Komponen dan Manfaatnya

20 April 2024 - 21:39 WIB

Enterprise Resource Palnning

Pengertian Akronim dan Perbedaannya dengan Singkatan

16 April 2024 - 19:19 WIB

Pengertian Akronim

Mengenal Turnover dan Cara Mengatasinya.

14 April 2024 - 20:33 WIB

Mengenal Turnover

Perbedaan Marketing dan Sales: Pahami Peran dan Kontribusinya

13 April 2024 - 20:19 WIB

Perbedaan Marketing

Aktivitas yang Di Lakukan saat Hari Lebaran 2024

12 April 2024 - 19:46 WIB

Aktivitas Yang Di Lakukan

Crowdfunding: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

6 April 2024 - 23:33 WIB

Trending di Edukasi