Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 15 Mei 2024 22:47 WIB ·

Manfaat Study Tour yang Bisa Didapatkan Siswa


Ilustrasi Wisata Pendidikan (img: bina usada bali) Perbesar

Ilustrasi Wisata Pendidikan (img: bina usada bali)

Study tour atau kunjungan belajar adalah kegiatan yang sering diadakan oleh sekolah-sekolah untuk memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi siswa. Kegiatan ini biasanya melibatkan perjalanan ke tempat-tempat bersejarah, museum, pusat ilmu pengetahuan, atau bahkan tempat industri. Melalui study tour, siswa tidak hanya belajar di dalam kelas tetapi juga mendapatkan pengetahuan langsung dari sumbernya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan siswa dari kegiatan study tour.

Manfaat Study Tour sebagai Pembelajaran Kontekstual

Manfaat Study Tour

Ilustrasi Wisata (img: Native Indonesia)

Salah satu manfaat utama dari study tour adalah pembelajaran kontekstual. Siswa dapat melihat langsung objek-objek yang selama ini hanya mereka lihat di buku teks atau internet. Misalnya, ketika mengunjungi museum sejarah, siswa bisa melihat langsung artefak-artefak bersejarah, sehingga mereka dapat memahami materi pelajaran dengan lebih baik. Pengalaman langsung ini membantu memperkuat pemahaman dan mengingat informasi lebih lama.

Manfaat Study Tour Untuk Meningkatkan Keterampilan

Manfaat Study Tour

Ilustrasi Wisata Pendidikan (img: bina usada bali)

Study tour juga merupakan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial mereka. Selama perjalanan, siswa belajar berinteraksi dengan teman sebaya, guru, dan pemandu wisata. Mereka belajar bekerja dalam kelompok, berbagi tugas, dan memecahkan masalah bersama. Selain itu, interaksi dengan orang-orang di luar lingkungan sekolah, seperti petugas museum atau pekerja di lokasi kunjungan, juga membantu mereka belajar berkomunikasi dengan berbagai tipe orang.

Meningkatkan Rasa Keingintahuan

Kesalahan Yang Sering Di Lakukan

Ilustrasi Mengerjakan Tugas (img: pexels.com by christina morilo)

Kegiatan di luar kelas sering kali membangkitkan rasa ingin tahu yang lebih besar pada siswa. Saat mengunjungi tempat-tempat baru, mereka akan terpicu untuk bertanya dan mencari tahu lebih banyak. Misalnya, ketika melihat proses pembuatan produk di pabrik, siswa mungkin tertarik untuk memahami lebih dalam tentang teknologi yang digunakan. Rasa ingin tahu yang tinggi ini mendorong siswa untuk menjadi pembelajar yang lebih aktif dan kritis.

Pengalaman Belajar yang Menyenangkan

 

Belajar di luar kelas sering kali dianggap lebih menyenangkan daripada belajar di dalam kelas. Perubahan suasana dan pengalaman baru membuat proses belajar menjadi tidak monoton dan lebih menarik. Ketika siswa merasa senang, mereka cenderung lebih mudah menyerap informasi. Selain itu, pengalaman yang menyenangkan juga meningkatkan motivasi belajar mereka.

Mengembangkan Kemandirian dan Tanggung Jawab

Ilustrasi Eksplorasi Pekerjaan (img: pexels.com by ivan samkov)

Selama study tour, siswa belajar untuk menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab. Mereka harus mengatur waktu, menjaga barang-barang pribadi, dan mengikuti aturan yang telah di tetapkan. Kegiatan ini membantu mereka belajar untuk mengambil keputusan sendiri dan bertanggung jawab atas pilihan yang mereka buat. Pengembangan kemandirian dan tanggung jawab ini sangat penting untuk persiapan mereka menghadapi kehidupan di masa depan.

Memperluas Wawasan Budaya

Ilustrasi Acara Wisata Pendidikan (img: majalengka.kemenag.go.id)

Study tour juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk memperluas wawasan budaya mereka. Dengan mengunjungi tempat-tempat baru, mereka dapat belajar tentang kebudayaan dan tradisi yang berbeda dari yang mereka kenal sehari-hari. Hal ini membantu membangun sikap toleransi dan menghargai keberagaman. Pemahaman yang lebih baik tentang budaya lain juga dapat membantu siswa menjadi warga dunia yang lebih baik.

 

Secara keseluruhan, study tour memberikan banyak manfaat bagi siswa yang tidak dapat mereka peroleh dari belajar di dalam kelas saja. Dari peningkatan pemahaman materi pelajaran, pengembangan keterampilan sosial, hingga pengalaman belajar yang menyenangkan dan memperluas wawasan budaya, kegiatan ini menjadi bagian penting dari proses pendidikan. Oleh karena itu, sekolah-sekolah di sarankan untuk terus mendukung dan mengadakan kegiatan study tour sebagai bagian dari kurikulum mereka.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi