Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 23 Mei 2024 22:10 WIB ·

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya


Ilustrasi Akuaponik (img: pasar mikro) Perbesar

Ilustrasi Akuaponik (img: pasar mikro)

Akuaponik merupakan sebuah sistem produksi pangan yang menggabungkan akuakultur (budidaya ikan) dengan hidroponik (budidaya tanaman tanpa tanah). Dalam mengenal sistem akuaponik ini, limbah yang di hasilkan oleh ikan di manfaatkan sebagai sumber nutrisi bagi tanaman, sementara tanaman membantu menyaring dan membersihkan air yang di gunakan untuk ikan. Sistem ini menciptakan hubungan simbiosis antara ikan dan tanaman, sehingga menghasilkan lingkungan yang efisien dan berkelanjutan.

Mengenal Pengertian Akuaponik

Ilustrasi Akuaponik (img: pasar mikro)

Akuaponik berasal dari dua kata, yaitu “akuakultur” dan “hidroponik”. Akuakultur merujuk pada budidaya organisme air seperti ikan, udang, atau kerang dalam lingkungan terkendali. Hidroponik, di sisi lain, adalah metode menanam tanaman tanpa menggunakan tanah, melainkan dengan air yang diperkaya dengan nutrisi. Ketika di gabungkan, akuaponik menciptakan sistem tertutup di mana air bersirkulasi antara kolam ikan dan tempat tanaman tumbuh.

Komponen-Komponen Akuaponik

  •  Kolam Ikan
Mengenal Akuaponik

Ilustrasi Tangki Ikan (img: agrozine)

Pertama media yang di gunakan pada aquaponik ialah kolam ikan. Tempat di mana ikan di budidayakan. Jenis ikan yang umum digunakan dalam akuaponik meliputi ikan nila, lele, dan ikan mas. Biasanya, kolam yang di pergunakan ialah sebuah ember atau drum yang sudah di modifikasi yang menjadi sumber utama nutrisi bagi tanaman dalam sistem aquaponik tersebut.

  • Sistem Filtrasi
Mengenal Akuaponik

Ilustrasi Sistem Filtrasi (img: handal water heater)

Komponen yang mengandung bakteri nitrifikasi yang mengubah amonia dari limbah ikan menjadi nitrat yang dapat di serap oleh tanaman. Sistem Filtrasi ini berperan penting dalam menjaga kualitas air dan menyediakan nutrisi yang di butuhkan oleh tanaman.

  • Media Tanam

Ilustrasi Media Tanam (img: distanbun.ntbprov.go.id)

Tempat di mana tanaman di tanam. Grow bed biasanya berisi media tanam seperti kerikil, batu apung, atau leca (lightweight expanded clay aggregate) yang membantu menahan akar tanaman dan menyediakan ruang bagi bakteri nitrifikasi.

  • Tanaman Air

Ilustrasi Tanaman Aquaponik (img: hijauku.com)

Di gunakan untuk mengalirkan air dari kolam ikan ke grow bed dan kembali lagi. Pompa ini memastikan sirkulasi air yang kontinu, yang penting untuk kesehatan ikan dan tanaman.

  • Pipa dan Saluran Air

Menghubungkan berbagai komponen sistem dan memungkinkan sirkulasi air. Desain yang baik dari pipa dan saluran sangat penting untuk memastikan distribusi air yang merata.

Manfaat Akuaponik

  • Menghemat Air

Ilustrasi Hemat Air (img: alderon)

Akuaponik menggunakan air secara efisien karena air bersirkulasi dalam sistem tertutup. Penguapan adalah satu-satunya sumber utama kehilangan air.

  • Memproduksi Pangan

Sistem ini memungkinkan produksi ikan dan sayuran secara bersamaan, sehingga meningkatkan hasil panen dengan penggunaan sumber daya yang sama.

  • Lingkungan Bersih

Karena menggunakan limbah ikan sebagai pupuk alami, akuaponik mengurangi kebutuhan akan pupuk kimia. Ini menjadikan akuaponik lebih ramah lingkungan.

  • Minim Pestisida 
Mengenal Akuaponik

Ilustrask Pestisida (img: pasar mikro)

Karena tanaman tumbuh dalam lingkungan yang terkendali dan air bersirkulasi secara konstan, risiko serangan hama berkurang sehingga mengurangi kebutuhan akan pestisida.

 

Akuaponik menawarkan solusi inovatif untuk tantangan pertanian modern, terutama dalam konteks kebutuhan pangan yang terus meningkat dan kesadaran lingkungan yang semakin tinggi. Dengan menggabungkan prinsip-prinsip akuakultur dan hidroponik, akuaponik menciptakan sistem yang efisien, berkelanjutan, dan ramah lingkungan.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Fungsi Sertifikat UTBK SNBT 2024, Daftar PTN hingga Beasiswa

13 Juni 2024 - 20:37 WIB

Manfaat Berlari Di Malam Hari, Bisa Kurangi Stress

12 Juni 2024 - 20:22 WIB

Jurusan Arsitektur: Kenali Seluk Beluknya Sebelum Memilih

3 Juni 2024 - 21:42 WIB

Jurusan Arsitektur

Peluang Karir Bidang Metaverse, Ada Metaverse Storyteller

3 Juni 2024 - 21:06 WIB

Peluang Kerja Bidang Metaverse

Pilihan Prospek Kerja Teknik Sipil, Mana Yang Cocok?

31 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tertarik Jurusan Game Application and Technology? Ini Alasannya

31 Mei 2024 - 20:56 WIB

Tertarik Jurusan Game
Trending di Edukasi