Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 13 Mei 2022 13:00 WIB ·

Mengenal KKN: Mahasiswa Wajib Paham!


Img: rencanamu.id Perbesar

Img: rencanamu.id

Akhir-akhir ini istilah KKN menjadi viral setelah sebuah film berjudul KKN di Desa Penari tayang. Film yang berasal dari kisah nyata itu telah mengambil atensi masyarakat secara luas. Karena itulah, semua hal yang berkaitan dengan film itu menjadi sebuah pertanyaan termasuk istiah KKN ini. Sebenarnya apa sih KKN dan mengapa KKN identik dengan mahasiswa? Yuk, simak pemaparannya agar kita bisa mengenal KKN lebih dalam.

 

Pengertian KKN

KKN adalah singkatan dari Kuliah Kerja Nyata. Kegiatan KKN merupakan kegiatan yang wajib mahasiswa semester akhir lakukan bahkan menjadi syarat kelulusan mahasiswa S1. Kegiatan KKN tersebut berupa kegiatan pengabdian terhadap masyarakat. Karena itulah, kegiatan KKN ialah bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup 3 hal penting, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta yang terakhir adalah pengabdian kepada masyarakat. Nah, poin ketiga itulah yang menyiratkan kegiatan KKN ini. 

 

Tujuan KKN

Untuk mahasiswa kegiatan KKN memiliki tujuan sebagai berikut.

  1. Melibatkan diri secara langsung pada interaksi sosial masyarakat
  2. Menjadi bekal pengalaman setelah lulus
  3. Melatih kemampuan problem solving, perumusan masalah, leadership, dan soft skill lainnya
  4. Menerapkan ilmu yang telah didapatkan melalui perkuliahan secara langsung di masyarakat
  5. Menjadi kader pembangunan generasi muda untuk masyarakat negeri ini

Sementara itu, tujuan KKN untuk perguruan tinggi adalah sebagai berikut.

  1. Mencetak sarjana-sarjana yang berkualitas yang mampu memahami dan menghayati kondisi serta konflik-konflik yang ada di tengah masyarakat.
  2. Menguatkan keakraban perguruan tinggi dengan pemerintah daerah, masyarakat, dan instansi teknis.

 

Manfaat KKN

Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, mahasiswa dapat mengantongi begitu banyak manfaat, lho. Nah, manfaat itu antara lain adalah sebagai berikut.

 

1. Memiliki pengalaman terjun langsung ke dalam masyarakat

Berinteraksi langsung dengan masyarakat dapat menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan sepadan jika ditukar dengan materi. Pada momen ini, kita bisa mendapatkan begitu banyak ilmu dan wawasan baru yang tidak kita dapatkan di bangku perkuliahan. Dengan terjun langsung ke dalam masyarakat, kita bisa mengenal lebih dalam bagaimana interaksi-interaksi dan konflik kehidupan sosial bermasyarakat.

 

2. Mendapatkan relasi yang lebih luas

Selain lebih mengeratkan relasi dengan kelompok KKN, kita juga bisa mendapatkan networking yang lebih luas dengan berinteraksi bersama masyarakat, lho!

 

3. Mengasah keterampilan, skill, dan wawasan

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika kegiatan KKN akan sangat berkaitan erat dengan peningkatan soft skill yang kita miliki. Nah, dengan kegiatan KKN ini kamu dapat mengasah soft skill, seperti problem solving, leadership, dan lain sebagainya.

 

Nah, itulah pengenalan seputar KKN yang wajib mahasiswa pahami. Memahami dan mengenal KKN lebih dalam dapat membantu kita sebagai mahasiswa, lho. Selain sebagai wawasan, memahami apa itu KKN juga bisa memberi bayangan pada diri kita akan rencana KKN yang akan diambil nantinya. Yuk, jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 553 kali

Baca Lainnya

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

26 Februari 2024 - 20:39 WIB

Tinjauan Pustaka

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp

Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Daya Ingat

19 Februari 2024 - 16:05 WIB

Jenis Makanan

Atasi Rasa Malas Belajar Dengan Mengikuti 3 Tips Ini, Yuk Simak!

17 Februari 2024 - 21:33 WIB

Tinjauan Pustaka

Menjadi Moderator Presentasi, Berikut Tips Yang Perlu Diperhatikan

17 Februari 2024 - 20:59 WIB

Apa itu Bootcamp
Trending di Edukasi