Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 18 Mei 2024 21:46 WIB ·

Mengenal Pantomim: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Teknik Dasar


Ilustrasi Pantmim (img: kelas pintar) Perbesar

Ilustrasi Pantmim (img: kelas pintar)

Mungkin di antara kalian ada yang pernah mendengar film Charlie Chaplin. Ya, film yang satu ini tentu menampilkan aksi panomimnya yang mampu menggelak tawa bagi para penontonnya. Hal ini di karenakan yang tidak sama sekali mengeluarkan sepatah katapun yang membuatnya semakin menarik untuk di tonton. Bicara tenang pantomim, ini merupakan salah satu bentuk seni. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, artikel ini akan membahas mengenai mengenal pantomim serta ciri-ciri hingga teknik dasarnya.

Mengenal Pengertian Pantomim

Mengenal Pantomim

Ilustrasi Pantmim (img: kelas pintar)

Pantomim adalah sebuah seni pertunjukan teater yang ada sejak abad ke 16. Istilah tersebut berasal dari bahasa latin yang di namakan “pantomimus” yang artinya meniru segala sesuatu. Seni yang satu ini menampilkan adegan yang sama sekali tidak mengeluarkan sedikitpun suara, tetapi lebih ke ekspresi wajah yang di tambah dengan alunan musik. Dalam kamus besar bahasa indonesia atau KBBI, pantomim merupakan pertunjukan drama tanpa kata-kata dan hanya menggunakan gerakan tubuh dan ekspresi.

Bagaimana Ciri-Cirinya?

Selain pengertian, pantomim juga memiliki ciri-ciri yang mungkin belum anda ketahui. Berdasarkan buku seni budaya, ada beberapa ciri-ciri yang perlu anda pahami, antara lain:

  • Aktor tidak mengeluarkan sepatah katapun.
  • Gerakkan yang di tunjukan mengandung arti dan makna.
  • Gerakan tubuh yang di lakukan merupakan bahasa tubuh universal yang artinya dapat atau mudah di pahami.
  • Riasan yang di gunakan aktor menggunakan berwarna putih dengan celak hitam.
  • Di masa modern, kostum atau pakaian yang di pergunakan aktor semakin bervariasi demi mendukung emosi pada masing-masing karakter.
  • Terakhir, adegan pantomim di lakukan secara individu ataupun berkelompok.

Bagaimana Teknik Dasarnya?

Untuk melakukan adegan pantomim sendiri ternyata ada teknik dasarnya. Bagi yang belum paham, berikut adalah beberapa teknik dasar pada pantomim.

  • Latihan Olah Tubuh

Img: kemendikbud.go.id

Untuk mendalami seni ini, di perlukan tubuh yang lentur. Hal ini bertujuan agar penonton bisa menikmati seni teater ini.

  • Bagian Kepala.

Gerakan kepala anda ke kiri dan kanan, lalu depan dan belakang di lakukan secara teratur. Kemudian, gerakan bagian kepala memutar dan ganti sebaliknya. Lakukan gerakan ini hingga anda merasakan otot kepala yang ringan.

  • Bagian Tangan.
Mengenal Pantomim

Img: kumparan.com

Pada bagian tangan, latih dengan cara lurus ke arah depan, samping, atas, lalu putar di bagian telapak tangan dan lentikkan jari tangan. Ini di lakukan mengingat tangan adalah bagian paling utama dalam melakukan pantomim.

  • Bagian Badan.

Ilustrasi Pantomi (img: tirto.id)

Latihan pada bagian ini terdiri dari perut, dada dan punggung. Gerakan yang di lakukan ialah membungkukkan ke depan lalu lakukan kayang. Ini bertujuan untuk melatih otot perut kaki, bahu, tangan dan pinggang.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Fungsi Sertifikat UTBK SNBT 2024, Daftar PTN hingga Beasiswa

13 Juni 2024 - 20:37 WIB

Manfaat Berlari Di Malam Hari, Bisa Kurangi Stress

12 Juni 2024 - 20:22 WIB

Jurusan Arsitektur: Kenali Seluk Beluknya Sebelum Memilih

3 Juni 2024 - 21:42 WIB

Jurusan Arsitektur

Peluang Karir Bidang Metaverse, Ada Metaverse Storyteller

3 Juni 2024 - 21:06 WIB

Peluang Kerja Bidang Metaverse

Pilihan Prospek Kerja Teknik Sipil, Mana Yang Cocok?

31 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tertarik Jurusan Game Application and Technology? Ini Alasannya

31 Mei 2024 - 20:56 WIB

Tertarik Jurusan Game
Trending di Edukasi