Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 1 Mar 2023 10:00 WIB ·

Olimpiade Resmi dan Bergengsi Tahun 2023!!


Pinterest : @WikiPendidikan8 Perbesar

Pinterest : @WikiPendidikan8

Olimpiade Resmi dan Bergengsi Tahun 2023 –  Halo para pelajar seluruh Indonesia dan kalian para calon medalis pemburu Olimpiade. Tahukah kamu jika ada banyak sekali Lomba tau Olimpiade resmi dan bergengsi yang diadakan setiap tahunnya. Kalau kamu kebingungan tenang saja berikut Tim Media Edukasi punya beberapa daftar Olimpiade Resmi dan Bergengsi tahun 2023 yang bisa kamu coba :

 

  1. Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini merupakan ajang tahunan paling bergengsi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia.

OSN terbuka untuk para pelajar dari jenjang SD,SMP,dan SMA sederajat. Oimpiade ini sendiri terdiri dari beberapa pilihan cabang berdasarkan matapelajaran. Seperti Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Astronomi, Geografi, Komputer, Kebumian, dan Ekonomi. Untuk peserta yang mengikuti OSN itu dipilih melalui beberapa tahapan seleksi. Berawal dari seleksi internal sekolah, lalu kemudian OSN tingkat Kabupaten. Setelah itu peserta yang lolos akan seleksi lagi di OSN tangkat Provinsi baru terakhir OSN tingkat Nasional. Dan tidak sampai disitu saja untuk para pelajar yang sudah sampai di tingkat Nasional bagi para Medalisnya aka nada Pelatihan Nasional (Pelatnas) dan jika kamu bisa lolos Pelatnas kamu bisa berkesempatan untuk menjadi bagian Tim Olimpiade Indonesia ke tingkat Nasional.

  1. YukBelajar

YukBelajar juga mengadakan Olimpiade yang terbuka untuk para pelajar tingkat SMA/SMK Sederajat. Olimpiade ini terdiri dari beberapa cabang matapelajaran yang bisa kamu coba ikutin seperti : Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi, dan Informatika. Olimpiade dari YukBelajar ini sudah mencapai peserta hingga ribuan dari  seluruh Indonesia. Beberapa waktu lalu Olimpiade yang mereka adakan baru saja selesai terselenggarakan, hadiah yang peserta dapatkan pun sangat menarik mulai dari Medali, sertifikat, dan juga Uang pembinaan. Untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa coba kunjungi yuk-belajar.com

  1. Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA)

Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Olimpiade MIPA) adalah sebuah perlombaan nasional tahunan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Perlombaan ini terbagi menjadi dua kategori yaitu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Kategori Matematika terdiri dari tiga tingkat yaitu tingkat SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Setiap tingkat memiliki tes yang berbeda dengan tingkat kesulitan yang bertambah. Masing-masing tingkat memiliki tiga sub-kategori yaitu Teori, Penyelesaian Masalah dan Pemecahan Masalah.Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari dua tingkat yaitu SMP dan SMA. Setiap tingkat memiliki tes yang berbeda dengan tingkat kesulitan yang bertambah. Sub-kategori untuk tingkat SMP meliputi Biologi, Fisika dan Kimia. Sub-kategori untuk tingkat SMA meliputi Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, Astronomi dan Ekonomi.

  1. Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI)

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPS) adalah sebuah kompetisi penelitian tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peserta kompetisi ini adalah siswa SMA/MA/SMK/MAK di seluruh Indonesia. Kompetisi ini terdiri dari 2 tahap: tahap seleksi dan tahap final. Pada tahap seleksi, siswa harus mengirimkan proposal penelitiannya ke panitia melalui email. 20 tim dengan proposal penelitian terbaik akan dipilih untuk tahap final. Pada tahap final, siswa harus melaksanakan proyek penelitian ilmiah mereka secara akademik dan berkualitas. Setelah itu, tim yang berhasil menyelesaikan proyek penelitian mereka dengan baik akan diberi penghargaan dan hadiah.

 

  1. Olimpiade Update Science, Social, and Language Competition (OPSILON)

Olimpiade Update menyelenggarakan Acara tahunan yaitu Olimpiade Update Festival (OU Fest). OU Fest sendiri terdiri dari beberapa cabang lomba salah satunya adalah OPSILON.

Olimpiade ini terbuka untuk pelajar tingkat SMP dan SMA seluruh Indonesia. Terdiri dari banyak jenis matapelajaran yang bisa kamu pilih untuk kamu ikuti sesui bidang yang kamu minati. Para pemenangnya pun bisa mendapatkan hadiah yang menarik. Untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa mengunjungi ou-festival.com

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 957 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah, Ini Penyebabnya!

1 Maret 2024 - 22:08 WIB

Bekerja Tidak Sesuai Jurusan

Mengenal Istilah Silent Layoff, Istilah Yang Populer di Dunia Kerja

1 Maret 2024 - 21:28 WIB

Silent Layoff

Ide Ngabuburit Yang Cocok Dilakukan Saat Bulan Puasa

29 Februari 2024 - 21:08 WIB

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

26 Februari 2024 - 20:39 WIB

Ide ngabuburit

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp
Trending di Edukasi