Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 27 Mar 2024 20:35 WIB ·

Pemasaran Sosial: Pahami Pengertian dan Tujuannya


Ilustrasi Marketing Social (img: pixabay.com) Perbesar

Ilustrasi Marketing Social (img: pixabay.com)

Marketing sosial adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk mempengaruhi perilaku masyarakat agar berperilaku lebih baik atau mengadopsi perilaku tertentu yang di inginkan oleh suatu entitas, baik itu organisasi nirlaba, pemerintah, maupun perusahaan komersial. Konsep ini berbeda dari pemasaran konvensional yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa dengan tujuan keuntungan finansial semata. Dalam pemasaran sosial, fokus utamanya adalah pada perubahan perilaku dan kesejahteraan sosial.

Pengertian Pemasaran Sosial

Pemasaran Sosial

Ilustrasi Marketing Social (img: pixabay.com)

Pemasaran sosial melibatkan penggunaan teknik-teknik pemasaran yang biasa digunakan dalam konteks pemasaran komersial, seperti penelitian pasar, segmentasi pasar, promosi, dan distribusi, namun diterapkan untuk mencapai tujuan yang bersifat sosial atau publik. Contohnya, kampanye anti-merokok, promosi gaya hidup sehat, atau program pengurangan penggunaan plastik sekali pakai.

Tujuan utama dari pemasaran sosial adalah untuk menciptakan perubahan yang berkelanjutan dalam perilaku masyarakat atau individu, dengan memanfaatkan prinsip-prinsip pemasaran untuk mendorong adopsi perilaku yang di inginkan. Hal ini dapat mencakup perilaku kesehatan, lingkungan, kesadaran sosial, dan sebagainya.

Apa Saja Tujuannya?

  • Perubahan Perilaku
Pemasaran Sosial

Ilustrasi Memanfaatkan Peluang (img: pexels.com by fauxels)

Salah satu tujuan utama marketing social adalah untuk menciptakan perubahan dalam perilaku masyarakat atau individu. Ini bisa termasuk mengurangi perilaku merugikan seperti merokok, mengemudi dalam keadaan mabuk, atau tidak membuang sampah dengan benar.

  • Peningkatan Kesadaran
Pemasaran sosial

Ilustrasi Meningkatkan Kesadaran (img: pexels.com by bertelli matheus)

Marketing social juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu-isu sosial atau lingkungan tertentu. Contohnya adalah kampanye kesadaran tentang kanker, penyuluhan HIV/AIDS, atau program-program daur ulang.

  • Edukasi

Ilustrasi Memberikan Edukasi (img: pexels.com by matheus bertelli)

Ini seringkali juga di gunakan sebagai sarana untuk mendidik masyarakat tentang masalah-masalah tertentu. Misalnya, kampanye penyuluhan tentang bahaya obesitas atau kampanye untuk meningkatkan literasi finansial.

  • Pemberdayaan Masyarakat

Ilustrasi Pemberdayaan Diri (img: pexels.com by pixabay)

Melalui cara ini,  masyarakat bisa di berdayakan untuk mengambil tindakan yang lebih baik bagi diri mereka sendiri dan lingkungan sekitar. Ini bisa melibatkan pembentukan komunitas yang mendukung, pertukaran informasi, dan pembelajaran bersama.

  • Pengurangan Stigma

Marketing sosial juga dapat bertujuan untuk mengurangi stigma terhadap kelompok-kelompok tertentu dalam masyarakat, seperti orang dengan gangguan mental, penyandang disabilitas, atau kelompok minoritas seksual.

  • Penggalangan Dukungan
Menjadi Modrator Presentasi

Ilustrasi Menggalang Dukungan (img: pexels.com by matheus bertelli)

Marketing sosial dapat di gunakan untuk menggalang dukungan masyarakat untuk suatu tujuan tertentu, seperti kampanye amal, penggalangan dana untuk korban bencana alam, atau mendukung kebijakan publik tertentu.

 

Marketing sosial merupakan alat yang efektif dalam membawa perubahan sosial yang positif dalam masyarakat. Dengan memahami pengertian dan tujuan dari pemasaran sosial, kita dapat mengimplementasikan strategi yang tepat untuk mencapai perubahan perilaku yang di inginkan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi