Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 4 Mei 2024 21:53 WIB ·

Quarter Life Crisis: Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya


Ilustrasi Kesehatan Mental (img: halodoc) Perbesar

Ilustrasi Kesehatan Mental (img: halodoc)

Quarter Life Crisis atau krisis usia seperempat adalah fenomena yang di alami oleh banyak orang pada rentang usia 20-an hingga awal 30-an. Meskipun tidak di akui secara resmi sebagai gangguan medis, banyak individu merasa terdampak oleh perasaan kebingungan, ketidakpastian, dan kecemasan tentang masa depan mereka selama periode ini. Mari kita eksplorasi lebih jauh tentang penyebab dan cara mengatasi permasalahan ini.

Penyebab Quarter Life Crisis

  • Tuntutan Ekspektasi Sosial
Quarter Life Crisis

Ilustrasi Kesehatan Mental (img: halodoc)

Di usia ini, banyak dari kita merasa tekanan untuk mencapai standar tertentu yang di tetapkan oleh masyarakat, keluarga, atau bahkan diri sendiri. Perasaan harus sukses secara profesional, memiliki hubungan yang stabil, dan mencapai kesuksesan finansial dapat menjadi beban yang berat.

  • Ketidakpastian Karier
Quarter Life Crisis

Ilustrasi Pemberhentian Kerja (img: flexjob)

Saat memasuki dunia kerja, banyak individu merasa bingung tentang jalur karier yang ingin mereka ikuti. Pertanyaan tentang apakah pekerjaan saat ini sesuai dengan minat dan keterampilan mereka, atau apakah mereka ingin mengejar sesuatu yang lebih bermakna, sering muncul.

  • Hubungan dan Identitas

Ilustrasi Negosiasi (img: pexels.com by fauxels)

Quarter Life Crisis seringkali mencakup pertanyaan tentang hubungan interpersonal. Banyak orang di usia ini menghadapi tekanan untuk menetap dalam hubungan yang serius atau mempertanyakan apakah pasangan mereka adalah “orang yang tepat”. Selain itu, mereka juga mungkin merenungkan identitas mereka sendiri, mencari tahu siapa mereka dan apa yang mereka inginkan dalam hidup.

  • Krisis Finansial
Quarter Life Crisis

Ilustrasi Time of Value (img: tweakyourbiz.com)

Masalah keuangan seperti membayar pinjaman kuliah, mencari pekerjaan yang menghasilkan pendapatan yang cukup, atau mencoba untuk menabung untuk masa depan dapat menyebabkan kecemasan yang signifikan.

Cara Mengatasinya

  • Refleksi dan Penetapan Tujuan

Ilustrasi Menghindari Keramaian (img: andrea piacquaduo)

Ambillah waktu untuk merenungkan nilai-nilai, minat, dan tujuan hidup Anda. Tulislah hal-hal tersebut dan buatlah rencana langkah demi langkah untuk mencapainya. Proses ini dapat membantu memberikan arah yang jelas untuk masa depan Anda.

  • Jaga Kesehatan Mental
Tips Penting Menjaga Kesehatan

Ilustrasi Menjaga Kesehatan Mental (img: wgbh.org)

Penting untuk menjaga kesehatan mental Anda selama periode ini. Cari dukungan dari teman, keluarga, atau profesional jika di perlukan. Latihan fisik, meditasi, atau aktivitas kreatif juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan emosional Anda.

  • Jangan Bandingkan Diri Anda dengan Orang Lain
Menjadi Modrator Presentasi

Ilustrasi Menggalang Dukungan (img: pexels.com by matheus bertelli)

Setiap individu memiliki perjalanan hidup yang unik. Hindari membandingkan kemajuan Anda dengan orang lain, karena hal ini hanya akan meningkatkan perasaan tidak adekuat dan tidak berharga.

  • Jelajahi Pilihan Karier
Kebiasaan Yang Di Lakukan

Ilustrasi Rapat Koordinasi (img: pexels.com by fauxels)

Jika Anda merasa tidak puas dengan jalur karier Anda saat ini, pertimbangkan untuk mengeksplorasi pilihan lain. Bicaralah dengan profesional di bidang yang Anda minati, lakukan magang atau kursus tambahan, dan jangan ragu untuk memulai dari awal jika diperlukan.

  • Terima Perubahan

Quarter Life Crisis seringkali terjadi karena perubahan besar dalam kehidupan. Cobalah untuk menerima bahwa perubahan adalah bagian alami dari pertumbuhan dan berkembang sebagai individu.

 

Quarter Life Crisis mungkin tampak menakutkan, tetapi juga merupakan kesempatan untuk refleksi dan pertumbuhan pribadi. Dengan kesadaran diri yang baik dan langkah-langkah konkret untuk mengatasi kecemasan, Anda dapat melewati periode ini dengan lebih baik dan bahkan muncul lebih kuat darinya. Ingatlah bahwa Anda tidak sendirian dalam perjalanan ini dan bahwa ada banyak sumber daya dan dukungan yang tersedia untuk membantu Anda.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi