Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 14 Mei 2024 21:20 WIB ·

Simple Past Future Tense: Kenali Rumus dan Fungsinya


Img: English Academy Perbesar

Img: English Academy

Simple Past Future Tense adalah bentuk kalimat dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan suatu tindakan atau keadaan yang akan di lakukan di masa depan dari sudut pandang masa lalu. Dengan kata lain, ini adalah masa depan dari masa lalu. Misalnya, jika seseorang berbicara tentang rencana atau harapan yang di miliki pada waktu tertentu di masa lalu mengenai masa depan, maka Simple Past Future Tense di gunakan untuk menyampaikan hal tersebut.

Rumus

Simple Past Future Tense

Img: English Academy

Rumus umum untuk Simple Past Future Tense adalah:

(+) Subject + to be (was/were) going to atau would + base verb + the rest of the sentence

(-) Subject + to be (was/were) not going to atau would not + base verb + the rest of the sentence

(?) To be (was/were) + subject + going to + base verb + the rest of the sentence? atau Would + subject + base verb + the rest of the sentence

Contoh kalimat:

  • She said she would go to the party.
  • They thought he would win the match.

 

Fungsi Simple Past Future Tense

  • Mengungkapkan Rencana atau Niat di Masa Lalu

Simple Past Future Tense di gunakan untuk menyatakan rencana atau niat yang dimiliki seseorang di masa lalu mengenai tindakan yang akan dilakukan di masa depan. Misalnya seperti kalimat ini “He hoped he would visit his grandparents during the holidays.

Dalam kalimat ini, subjek “he” memiliki harapan di masa lalu untuk mengunjungi kakek-neneknya di masa depan (dari sudut pandang masa lalu).

  • Menyatakan Perkiraan atau Prediksi di Masa Lalu

Bentuk tense ini juga di gunakan untuk menyatakan perkiraan atau prediksi yang di buat di masa lalu tentang masa depan. Misalnya seperti pada kalimat ini “The weather forecast said it would rain tomorrow.” Di sini, ramalan cuaca di masa lalu memperkirakan bahwa hujan akan turun di masa depan.

  • Melaporkan Ucapan atau Pikiran Orang Lain

Simple Past Future Tense sering di gunakan dalam kalimat tidak langsung (reported speech) untuk melaporkan apa yang dikatakan atau di pikirkan seseorang di masa lalu tentang masa depan. Misalnya, She told me she would finish her project by next week. Dalam contoh ini, “she” mengatakan di masa lalu bahwa dia akan menyelesaikan proyeknya di masa depan.

  • Mengungkapkan Harapan atau Keinginan di Masa Lalu

Tense ini juga bisa di gunakan untuk mengungkapkan harapan atau keinginan yang di miliki seseorang di masa lalu tentang masa depan. Misalnya, They wished they would travel to Europe someday. Dalam kalimat ini, “they” memiliki harapan di masa lalu untuk melakukan perjalanan ke Eropa di masa depan.

  • Mengungkapkan Janji atau Komitmen di Masa Lalu

Terakhir, ini juga berguna untuk menyatakan janji atau komitmen yang di buat di masa lalu tentang tindakan yang akan di lakukan di masa depan. Misalnya, She promised she would call me as soon as she arrived. Di sini, “she” berjanji di masa lalu untuk menelepon begitu dia tiba di masa depan.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi