Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 2 Apr 2024 22:09 WIB ·

Time Value of Money: Kenali Pengertian dan Manfaatnya


Ilustrasi Time of Value (img: tweakyourbiz.com) Perbesar

Ilustrasi Time of Value (img: tweakyourbiz.com)

Time Value of Money (TVM) merupakan konsep penting dalam dunia keuangan yang menggambarkan nilai dari uang sekarang dibandingkan dengan nilai uang di masa depan. Konsep ini mengasumsikan bahwa nilai uang akan berubah seiring waktu karena adanya faktor-faktor seperti inflasi, suku bunga, dan potensi pengembalian investasi. Dengan memahami TVM, individu dan perusahaan dapat membuat keputusan keuangan yang lebih baik dan mengelola kekayaan mereka secara lebih efektif.

Pengertian Time Value of Money

Time Value Of Money

Ilustrasi Waktu dan Uang (img: tweakyourbiz.com)

Secara sederhana, Time Value of Money menyatakan bahwa satu unit uang yang di  miliki sekarang memiliki nilai lebih besar daripada satu unit uang yang akan diterima atau di bayarkan di masa depan. Hal ini karena uang yang di miliki sekarang dapat di investasikan atau di tanamkan untuk menghasilkan pengembalian dalam bentuk bunga atau investasi lainnya. Oleh karena itu, uang sekarang lebih berharga daripada uang di masa depan.

Konsep ini biasanya diperkuat oleh dua prinsip dasar:

  • Bunga waktu

Uang yang di miliki sekarang dapat di investasikan untuk menghasilkan bunga atau pengembalian investasi. Dengan demikian, nilai uang akan bertambah seiring waktu.

  • Inflasi

Inflasi menyebabkan daya beli uang menurun seiring waktu. Artinya, dengan jumlah uang yang sama, seseorang tidak dapat membeli barang atau jasa sebanyak yang bisa dia beli sekarang. Oleh karena itu, uang sekarang lebih berharga daripada uang di masa depan.

Bagaimana Manfaatnya?

  • Pengambilan Keputusan Investasi yang Lebih Baik
Time Value Of Money

Ilustrasi Prioritas Keuangan (img: feb.umsu.ac.id)

Memahami konsep TVM membantu individu dan perusahaan dalam mengevaluasi investasi mereka. Mereka dapat memperkirakan nilai masa depan dari investasi saat ini dan memutuskan apakah investasi tersebut menguntungkan atau tidak.

  • Perencanaan Keuangan yang Lebih Efektif

Ilustrasi Uang (img: pexels.com by karolina grabowska)

TVM membantu dalam perencanaan keuangan jangka panjang. Dengan memperhitungkan nilai waktu dari uang, individu dapat merencanakan tabungan, investasi pensiun, dan pembayaran hutang dengan lebih efisien.

  • Pemahaman Tentang Kredit dan Utang

Ilustrasi Penyesuaian (img: pexels.com by karolina grabowska)

Bagi peminjam dan pemberi pinjaman, TVM membantu dalam memahami nilai waktu dari pinjaman. Peminjam dapat mengevaluasi apakah membayar bunga pada pinjaman sekarang lebih menguntungkan daripada menunda pembayaran.

  • Penilaian Nilai Aset

Ilustrasi Hitung Biaya (img: pexels com by karolina grabowska)

TVM penting dalam penilaian nilai aset, seperti rumah atau kendaraan. Dengan mempertimbangkan nilai waktu dari uang, seseorang dapat menentukan nilai sekarang dari arus kas masa depan yang di harapkan dari aset tersebut.

  • Perencanaan Pensiun
Tips Menabung Harian

Ilustrasi Menabung (img: pexels.com by monstera product)

Konsep TVM sangat relevan dalam perencanaan pensiun. Individu dapat menghitung berapa banyak yang perlu mereka tabung sekarang untuk mencapai tujuan keuangan pensiun mereka di masa depan.

 

Dalam kesimpulannya, Time Value of Money merupakan konsep fundamental dalam keuangan yang memengaruhi berbagai aspek keputusan keuangan individu dan perusahaan. Dengan memahami konsep ini, seseorang dapat membuat keputusan keuangan yang lebih cerdas, merencanakan masa depan mereka dengan lebih baik, dan mengoptimalkan pengelolaan kekayaan mereka.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi