Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 20 Okt 2022 09:00 WIB ·

Tips Menghindari Salah Pilih Jurusan Kuliah, Pertimbangkan Baik-baik!


img: pexels/George Dolgikh Perbesar

img: pexels/George Dolgikh

Salah satu permasalahan di dunia kuliah yang sering mahasiswa alami adalah merasa salah jurusan kuliah. Nah, untuk menghindari adanya salah memilih jurusan kuliah ini, maka kamu dapat menyiasatinya dengan beberapa tips berikut ini. Simak dan perhatikan tips menghindari salah pilih jurusan kuliah baik-baik sampai akhir, ya!

1. Mengenali bakat dan minat pribadi terlebih dahulu

Pertimbangan pertama yang harus kamu ketahui adalah mengenai bakat dan minat pribadi. Setiap orang biasanya memiliki bakat dan minat tersendiri dalam urusan perkuliahan, termasuk dalam bidang studi yang akan mereka pilih.

Melalui pemilihan minat dan kemampuan tersebut, maka kamu dapat menentukan jurusan apa yang sekiranya cocok untukmu. Dengan demikian, kamu jadi tidak lagi perlu khawatir akan salah dalam memilih jurusan kuliah karena kamu telah menganalisisnya dengan baik sesuai kemampuanmu.

2. Tidak memilih jurusan karena ikut-ikutan teman

Salah satu kesalahan yang sepele, namun fatal akibatnya adalah memilih jurusan karena ikut-ikutan teman. Hal ini dapat berakibat sangat buruk, sebab kamu tidak menyesuaikannya dengan minat dan kemampuanmu dengan baik.

Kamu mungkin saja memiliki minat dan kemampuan yang berbeda dengan temanmu, sehingga tak akan cocok saat berada di jurusan tersebut. Bukannya merasa mudah saat menjalani kuliah karena ada temanmu, namun kamu justru jadi merasa kesulitan karena kemampuanmu bukan berada di situ.

3. Membuat daftar jurusan yang kamu minati terlebih dahulu

Salah satu cara efektif dalam memilih jurusan adalah dengan membuat daftar jurusan yang memang kamu minati. Namun, pastikan kamu telah mempertimbangkan segala sesuatunya dengan matang, ya. Melalui daftar pilihan tersebut, kamu akan dapat menentukan jurusan yang akan kamu pilih tanpa khawatir salah.

4. Berdiskusi dengan orang yang lebih berpengalaman

Jika kamu masih bingung, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan orang yang lebih berpengalaman, seperti kakak kelas atau pun saudara yang sudah berkuliah.

Melalui berbagai pendapat dan pengalaman tersebut, maka kamu akan memperoleh informasi yang kamu perlukn, sehingga kamu dapat memilih jurusan tanpa khawatir sampai salah.

Salah dalam jurusan perkuliahan memang memberikan kesulitan tersendiri dalam proses perkuliahan. Oleh sebab itu, kamu perlu mempertimbangkannya dengan baik terlebih dahulu.

Nah, itu dia beberapa tips menghindari salah pilih jurusan kuliah. Memilih jurusan kuliah bukan suatu hal sederhana yang dapat kamu lakukan dengan sepele. Pasalnya, kamu memerlukan pertimbangan matang, termasuk diskusi khusus dengan orangtua mengenai ini. Jadi, perhatikan baik-baik, ya!

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

26 Februari 2024 - 20:39 WIB

Tinjauan Pustaka

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp

Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Daya Ingat

19 Februari 2024 - 16:05 WIB

Jenis Makanan

Atasi Rasa Malas Belajar Dengan Mengikuti 3 Tips Ini, Yuk Simak!

17 Februari 2024 - 21:33 WIB

Tinjauan Pustaka

Menjadi Moderator Presentasi, Berikut Tips Yang Perlu Diperhatikan

17 Februari 2024 - 20:59 WIB

Apa itu Bootcamp
Trending di Edukasi