Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 8 Apr 2023 18:00 WIB ·

4 Jenis Istirahat yang Kamu Butuhkan


Img: Pexels/andrea-piacquadio Perbesar

Img: Pexels/andrea-piacquadio

4 Jenis Istirahat yang Kamu Butuhkan –Masalahnya adalah kita telah lelah untuk waktu yang lama dan berasumsi bahwa istirahat berarti hanya tinggal di rumah dan tidur sepanjang hari. Tapi pernahkah kamu merasa seolah-olah kamu telah mencoba berbaring sepanjang hari tetapi masih merasa lelah? Mungkin ini baru hari pertama bekerja dan sangat sulit untuk memulai hari kerja. Namun, jangan sampai kamu salah paham tentang apa yang kamu butuhkan. Yuk, simak 4 jenis istirahat yang kamu butuhkan:

4 Jenis Istirahat yang Kamu Butuhkan

Istirahat mental

Perlu kamu ketahui, mental juga perlu istirahat. Namun, di sisi lain, sangat sulit memfokuskan kembali pikiran di tengah kesibukan. Ada banyak masalah yang mencuri perhatian kita. Terutama ketika segala sesuatu tampak bergerak lambat selama hari produktif. Semuanya tinggal di kepala dan menuntut perhatian kita. Sandra Dalton-Smith, seorang dokter, menyarankan agar kita menyisihkan waktu untuk istirahat mental, khususnya menjadwalkan istirahat singkat setiap dua jam untuk memungkinkan otak melakukan refleksi selama beberapa saat. Istirahat singkat ini bisa berlangsung kurang lebih 15 menit.

Istirahat emosional

Emosi yang kuat, baik positif maupun negatif, bisa melelahkan, itulah sebabnya orang merasa lelah setelah diskusi intens atau periode stres emosional. Depresi dan kecemasan adalah gejala kelelahan emosional, seperti perasaan tidak dihargai atau tidak puas, atau bahkan marah.

Mengatur kesejahteraan emosional memerlukan mengisi kembali bak emosional kamu. Kesempatan untuk menemukan pusat pikiran kamu dan memeriksa kebutuhan dan keterbatasan emosional kamu dengan introspeksi yang tenang.

Istirahat fisik

Istirahat fisik tidak hanya mencakup tidur, tetapi juga aktivitas fisik seperti yoga atau pijat. Kegiatan ini untuk mengendurkan otot tubuh dan pikiran kita. Oleh karena itu, silakan buat jadwal rutin dengan instruktur yoga atau meditasi pilihan kamu.

Istirahat sensorik

The American Optometric Association telah menciptakan istilah baru untuk menggambarkan ketegangan mata akibat penggunaan komputer yang berkepanjangan: ketegangan mata.

Tanda-tanda pemulihan sensorik termasuk gangguan sakit kepala dan kecemasan. Salah satu cara efektif untuk mengurangi aliran data sensorik adalah dengan menjadwalkan periode bebas stimulasi sepanjang hari.

Istirahat sosial

Terkait erat dengan istirahat sosial adalah jeda sesekali dari peran sosial yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Ada pertukaran energi dan perhatian dalam setiap hubungan kita dengan orang lain; kita menerima dari orang lain dan kadang-kadang memberi kepada mereka. Namun, jika kamu terus-menerus terbebani oleh tuntutan orang lain, mungkin inilah saatnya untuk melakukan istirahat sosial.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack