Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Sosial · 18 Des 2023 15:57 WIB ·

Apa itu Tendensius? Kenali dan Pahami Dalam Konteks Informasi


Ilustrasi Memihak (img: kbbi.lektur.id) Perbesar

Ilustrasi Memihak (img: kbbi.lektur.id)

Tendensius adalah istilah yang sering muncul dalam dunia media dan informasi. Meskipun istilah ini dapat merujuk pada berbagai konteks, dalam kebanyakan kasus, tendensius berkaitan dengan cenderungnya suatu informasi atau pemberitaan untuk memihak atau menggiring opini tertentu. Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam untuk memahami apa itu tendensius dan bagaimana pengaruhnya dalam menyajikan informasi.

Apa itu Tendensius?

Apa itu Tendensius

Ilustrasi Memihak (img: kbbi.lektur.id)

Tendensius berasal dari kata “tendensi,” yang berarti kecenderungan atau kecondongan. Dalam konteks informasi, bias merujuk pada kecenderungan suatu pemberitaan atau penyajian informasi untuk menyampaikan opini atau sudut pandang tertentu, seringkali tanpa memberikan gambaran yang objektif. Ini dapat terjadi dalam berbagai bentuk media, termasuk cetak, televisi, radio, dan lebih khusus lagi, di era digital, melalui platform online.

Ciri-Ciri Tendensius

Apa itu Tendensius

Ilustrasi Bias (img: aplikasi-indonesia.com)

  • Selektivitas Informasi

Pertama, bias sering kali termanifestasi melalui selektivitas informasi, di mana pihak yang menyajikan berita hanya memilih fakta atau informasi yang mendukung sudut pandang atau narasi tertentu, sementara mengabaikan atau meremehkan informasi yang mungkin bertentangan.

  • Pemilihan Bahasa

Sementara itu, Pilihan kata dan frasa juga dapat menjadi indikator tendensius. Pemberitaan yang bias dan cenderung menggunakan bahasa yang merendahkan atau memuja suatu kelompok atau individu, menciptakan framing yang dapat memengaruhi persepsi pembaca atau penonton.

  • Penggunaan Gambar atau Video Tertentu

Terakhir Dalam era visual, penggunaan gambar atau video juga dapat menjadi alat untuk menciptakan tendensius. Pemilihan gambar atau klip video tertentu dapat memberikan kesan yang tidak seimbang terhadap suatu peristiwa atau isu.

Apa itu Tendensius Berdasarkan Dampaknya?

Apa itu Tendensius

Ilustrasi Bias (Img: pexels.com by mart production)

Bias dapat memiliki dampak signifikan terhadap masyarakat dan opini publik. Ketika informasi disajikan secara tendensius, masyarakat dapat terpapar pada pandangan yang sempit dan tidak lengkap, yang dapat memengaruhi cara mereka memahami suatu isu atau peristiwa. Ini juga dapat merusak kepercayaan masyarakat terhadap media dan informasi yang disampaikan.

Bagaimana Cara Menghindarinya?

Ilustrasi Memihak(Img: pexels.com by helena lopes)

  • Cross-Checking Informasi

Pertama, Penting untuk selalu melakukan cross-checking informasi dengan sumber-sumber berbeda untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap dan objektif.

  • Memahami Agenda Media

Selanjutnya, untuk mengetahui dan memahami agenda media yang bersangkutan dapat membantu membaca informasi dengan lebih kritis. Mengenali kecenderungan suatu media dapat membantu melihat informasi dengan sudut pandang yang lebih luas.

  • Mengembangkan Literasi Media

Terakhir, Pendidikan literasi media dapat membantu masyarakat mengidentifikasi dan menghindari informasi yang memihak. Pemahaman tentang cara media bekerja dan strategi komunikasi yang di gunakan dapat meningkatkan kewaspadaan.

Bias adalah fenomena kompleks yang perlu di pahami dengan baik oleh masyarakat. Dengan meningkatnya penggunaan media dalam kehidupan sehari-hari, kesadaran terhadap memihak dapat membantu masyarakat mengonsumsi informasi dengan lebih cerdas dan kritis. Di sisi lain, pengertian yang lebih mendalam tentang tendensius dapat memberikan perlindungan terhadap manipulasi informasi dan meningkatkan pemahaman kita akan realitas yang ada.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 53 kali

Baca Lainnya

Memahami Tanda Gangguan Kecemasan Sosial Pada Remaja

30 Januari 2024 - 21:42 WIB

Generasi Z: Kenali 5 Kakarteristik Yang Perlu Dipahami

6 Januari 2024 - 20:42 WIB

Generasi Z

Generasi Strawberry: Pengertian, Penyebab, dan Ciri-Cirinya

6 Januari 2024 - 20:41 WIB

Hari Introvert Sedunia 2 Januari, Pahami Tipe-Tipenya!

2 Januari 2024 - 21:15 WIB

Hari Introvert Sedunia

Kalender 2024, Berikut Daftar 27 Tanggal Merah dan Cuti Bersama

29 Desember 2023 - 22:25 WIB

Kalender 2024

Manfaat dan Alasan Mengapa Harus Tinggal di Kos-kosan

25 Desember 2023 - 22:22 WIB

Manfaat dan alasan Kos Kosan
Trending di Sosial