Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 8 Nov 2023 12:25 WIB ·

Fungsi Power Point Bagi Mahasiswa, Salah Satunya Lebih Interaktif


Ilustrasi PPT (img: support.microsoft.com) Perbesar

Ilustrasi PPT (img: support.microsoft.com)

PowerPoint adalah salah satu alat yang paling sering di gunakan baik untuk siswa maupun perguruan tinggi dalam melakukan pembelajaran dan presentasi. Dengan berbagai fitur yang di miliki dan mudah untuk penggunaan, powerpoint kini telah menjadi bagian terpenting terlebih lagi di dunia pendidikan. Artikel ini akan membahas beberapa fungsi  Power Point dalam pembelajaran dan bagaimana alat ini dapat meningkatkan efektivitas presentasi.

Fungsi Power Point Untuk Visualisasi Informasi

Fungsi Power Point

Ilustrasi PPT (img: pexels.com by pixabay)

PowerPoint memungkinkan guru dan presenter untuk menggambarkan informasi kompleks dalam bentuk grafik, tabel, gambar, dan diagram. Visualisasi ini membantu siswa untuk lebih memahami materi, memudahkan retensi informasi, dan mempermudah pemahaman konsep yang abstrak.

Fungsi Power Point Agar Lebih Struktur

Ilustrasi PPT (img: chromewebstore.google.com)

PowerPoint memberikan kerangka kerja yang terstruktur untuk presentasi. Dengan adanya slide, pengguna dapat dengan mudah mengatur dan mengelompokkan informasi sesuai dengan topik atau subtopik. Ini membantu meminimalkan kebingungan dan memudahkan penyajian materi secara teratur.

Interaktif

Fungsi Power Point

Ilustrasi PPT (img: wps.com)

PowerPoint memungkinkan penyelenggaraan presentasi yang lebih interaktif. Pengguna dapat menambahkan hyperlink, video, animasi, atau tombol navigasi untuk mengarahkan perhatian siswa pada poin penting. Ini membuat pembelajaran lebih menarik dan memotivasi partisipasi aktif.

Mempermudah Dalam Merevisi Informasi

Ilustrasi Merevisi PPT (img: microsoft.com)

Salah satu fungsi Power Point adalah untuk mempermudah anda dalam merevisi materi dengan cepat. Apabila ada suatu perubahan dalam kurikulum atau informasi yang telah diperbarui, guru atau dosen dapat dengan mudah untuk mengedit presentasi tanpa harus membuat materi dari awal, terlebih lagi materi untuk mahasiswa.

Fungsi Power Point Lebih Mudah di Akses

Fungsi Power Point

Ilustrasi PPT (img: wps.com)

Selanjutnya, PowerPoint dapat dengan mudah di akses  secara online kepada mahasiswa dan hal tersebut memungkinkan mahasiswa untuk mengakses materi di luar kampus. Ini berguna untuk merangsang pembelajaran mandiri dan memfasilitasi untuk pemahaman yang lebih mendalam. Terlebih lagi, ppt kini telah memiliki aplikasi seperti office365, wps office, dan masih banyak lagi.

Meningkatkan Estetika

Fungsi Power Point

Ilustrasi PPT (img: mocrosoft.fandom.com)

Penggunaan visualisasi seperti gambar, ikon, dan tata letak yang menarik dapat meningkatkan daya tarik presentasi dan estetika dalam presentasinya. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk lebih terlibat dan memahami materi dengan lebih baik.

Memantau Aktivitas Mahasiswa

Berikutnya, powerpoint juga memungkinkan guru untuk memantau aktivitas mahasiswa melalui fitur seperti kuis atau evaluasi yang dapat di sisipkan pada presentasinya. Hal seperti ini mempermudah guru atau dosen dalam mengevaluasi pemahaman mahasiswa dalam setiap pertenuanny serta memberikan umpan balik yang lebih baik.

Komunikasi Efektif

Ilustrasi Presentasi (img: support.microsoft.com)

Melalui visual dan narasi, PowerPoint membantu anda dalam menyampaikan materi atau informasi secara efektif. Presentasi yang jelas dan terstruktur membantu menghindari kebingungan dan membantu mahasiswa untuk lebih fokus pada materi yang di sampaikan oleh guru atau dosen.

Kreativitas

Ilustrasi PPT (img: unsplash.com)

Sementara itu, PowerPoint memberikan kesempatan untuk mengekspresikan segala kreativitas dalam menyampaikan suatu informasi. Nantinya, pengguna dapat menggabungkan teks, gambar, dan elemen multimedia untuk membuat presentasi yang menarik bagi para audiesnya.

Membuat Dokumentasi

Ilustrasi PPT di Ponsel (img: microsoft.com)

Terakhir, PowerPoint dapat dipergunakan untuk membuat dokumentasi secara online yang berisi materi pembelajaran. Dokumen ini dapat di gunakan sebagai referensi untuk mempelajari materi kepada mahasiswa setelah presentasi selesai.

Dari penjelasan di atas bisa di simpulkan bahwa PowerPoint adalah alat yang sangat bermanfaat dalam pembelajaran. Dengan kemampuan visualisasi, struktur, dan interaktivitasnya, PowerPoint membantu meningkatkan efektivitas presentasi dan pembelajaran. Akan tetapi, penggunaan yang bijak dan kreatif perlu menjadi fokus agar alat ini dapat memberikan manfaat maksimal dalam proses pembelajaran.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 50 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi