Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Sains · 26 Des 2022 18:00 WIB ·

Jenis-Jenis Tumbuhan yang Bisa Tumbuh di Gurun


Img: Pexels/Yigithan-Bal Perbesar

Img: Pexels/Yigithan-Bal

Jenis-Jenis Tumbuhan yang Bisa Tumbuh di Gurun –Gurun adalah daerah curah hujan jarang yang sebagian besar terdiri dari pasir dan batu. Suhu rata-rata di padang pasir adalah 18°C ​​- 30°C, tetapi bisa mencapai 80°C. Dengan kondisi kawasan yang steril dan kering, potensi kehidupan bagi penghuni yang tersisa sangat minim, termasuk tumbuhan. 

Jenis-Jenis Tumbuhan yang Bisa Tumbuh di Gurun

Pohon kurma

Kurma adalah buah yang populer di kalangan masyarakat Timur Tengah dan Afrika Utara. Pohon kurma tingginya sekitar 15-25 m, dengan daun menyirip dengan duri yang ekstrim dan 150 daun muda.

Keunikan kurma adalah tanaman yang telah menjadi konsumsi manusia sejak 6000 SM, dengan bukti bahwa orang Mesir kuno menggunakan buahnya untuk membuat anggur kurma dan memakannya pada saat pengumpulan.

Akasia

Hanya Acasia aneura yang dapat bertahan hidup di lingkungan yang gersang. Akasia memiliki tinggi 15 meter dan batang besar yang dapat menampung volume air yang besar.

Saat hujan, pohon akasia menyerap air dan menyimpannya di batangnya. Perlu kita ketahui bahwa, selama periode kekeringan, pohon dengan nama Latin Acasia aneura ini meneteskan air ke tanah, memberikan lapisan mulsa ekstra, memungkinkan nutrisi terserap kembali

Batang pohon akasia banyak orang gunakan karena kualitas dan kekuatannya yang tinggi, juga untuk perabot rumah tangga, lemari, dan barang-barang kayu lainnya.

Pohon Zaitun

Pohon zaitun kecil dan kuat, tumbuh hingga ketinggian 8-15 meter, dengan satu daun hijau, batang berkerut, dan buah batu kecil. Buah ini hanya diubah menjadi minyak dan memiliki banyak manfaat, antara lain mengontrol tekanan darah, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, menurunkan kadar kolesterol, dan masih banyak lagi.

Pohon zaitun hanya ada di wilayah Mediterania. Namun, tidak semua spesies burung unta dapat hidup di padang pasir. Zaitun memiliki kekuatan dan daya tahan dalam melindungi diri dari penyakit dan godaan. Sekalipun pohon zaitun dibakar atau ditebang, ia masih dapat menumbuhkan cabang-cabang baru.

Kaktus

Kaktus memiliki duri yang dapat tumbuh hingga sepanjang 15 cm. Duri-duri tersebut berfungsi untuk mengurangi penguapan, memantulkan cahaya agar tubuh tetap sejuk, dan melindungi tubuh dari serangan makhluk hidup lainnya.

Kaktus banyak digunakan manusia untuk makanan dan peralatan makan, juga sebagai opuntia untuk selai, kosmetik, dan obat-obatan, Carnegiea gigantean sebagai bahan dasar tepung, dan manfaat lainnya.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 31 kali

Baca Lainnya

Fenomena Langit Sepanjang 2024, Termasuk Oposisi Jupiter

8 Januari 2024 - 21:45 WIB

Fenomena Langit

4 Fakta Ilmiah Ikan Salmon, Dijuluki Raja Ikan

2 Mei 2023 - 12:00 WIB

4 Fakta Ilmiah Ikan Salmon, Dijuluki Raja Ikan

6 Perbedaan Monyet dan Kera, Jangan Sampai Salah!

4 April 2023 - 18:01 WIB

Mengenal Fenomena Langit Okultasi Venus yang Terjadi di Indonesia

25 Maret 2023 - 12:00 WIB

Cek Fakta: Berat Awan Setara Ratusan Gajah?

22 Maret 2023 - 12:00 WIB

Cek Fakta: Berat Awan Setara Ratusan Gajah?

5 Hal Buruk Jika Oksigen Hilang dari Bumi Selama 5 Detik

20 Maret 2023 - 12:00 WIB

5 Hal Buruk Jika Oksigen Hilang Dari Bumi Selama 5 Detik
Trending di Sains