Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 9 Jan 2023 18:16 WIB ·

Mainan Viral Latto-Latto Ternyata Memiliki Manfaat Bagi Anak


Img: detik.com/ Ari Saputra Perbesar

Img: detik.com/ Ari Saputra

Mainan Viral Latto-Latto Ternyata Memiliki Manfaat Bagi Anak –Latto-latto adalah mainan sederhana yang terdiri dari dua bola plastik yang terhubung dengan tali. Terdapat simpul berbentuk lingkaran di tengah tali yang dapat dimasukkan ke dalam jari dan dimainkan dengan cara menggoyangkan kedua bola ke atas dan ke bawah, sehingga menimbulkan suara yang mirip dengan ketukan berulang kali.

Permainan latto-latto belakangan ini mulai populer di kalangan anak-anak setelah viral di TikTok. Game ini pasti pernah populer di tahun 1990-an. Meski populer di Indonesia, latto-latto bukanlah permainan tradisional Indonesia. Nama lain dari permainan ini antara lain katto-katto, tek-tek, dan lato-lato.

Meski tergolong permainan yang sederhana, namun bermain latto-latto memiliki beberapa keuntungan, salah satunya adalah melatih kesabaran.

Keuntungan bermain latto-latto antara lain meningkatkan rasa percaya diri anak karena kemampuan untuk mempercepat ayunannya saat bermain. Tampaknya sederhana, tetapi kamu memerlukan beberapa petunjuk dan trik untuk memanfaatkannya secara maksimal. Pasalnya, di awal permainan, kamu harus bisa menyeimbangkan bola agar tetap berjalan dan mengeluarkan suara tek-tock.

Permainan tradisional yang tergeser oleh kehadiran teknologi ini muncul kembali, dan banyak anak-anak yang ingin mencoba latto-latto. Permainan tradisional dapat berguna untuk melatih kemampuan motorik, keseimbangan, dan ketenangan jiwa anak sejak dini.

Mainan Viral Latto-Latto Ternyata Memiliki Manfaat Bagi Anak

Melatih kemampuan motorik

Kelebihan bermain latto-latto antara lain dapat melatih kemampuan motorik anak; Dengan demikian, mengajarkan permainan tradisional seperti lompat karet dan cublak-cublak suweng akan membantu anak melatih motorik lebih baik lagi dari sebelumnya.

Meningkatkan kinerja otak

Tentu saja, satu permainan mengharuskan anak menggunakan strategi untuk mengalahkan lawannya. Latto-latto adalah salah satu contoh permainan ini. Anak-anak yang bermain latto-latto biasanya mengayunkan bola ke atas dan ke bawah sehingga menyebabkan bola berbenturan dengan cepat.

Mengontrol emosi

Permainan tradisional ini juga membantu mengendalikan emosi anak. Untuk memenangkan permainan ini, anak harus menjaga emosi dan suasana hati sambil menyeimbangkan ayunan bola yang berbenturan. Jika emosi tidak terproses dengan benar, kemungkinan besar anak akan kalah dalam permainan.

Kepercayaan diri

Manfaat bermain latto-latto juga dapat meningkatkan rasa percaya diri anak saat berinteraksi dengan teman sebayanya. Permainan ini berpotensi meningkatkan harga diri anak kamu. Rasa percaya diri harus tertanam pada anak sejak dini, tidak hanya melalui permainan tradisional, tetapi juga dengan memberikan rasa percaya diri pada anak untuk dapat melakukan sesuatu.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 52 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Fakta Unik Seputar Jurusan

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern

25 Mei 2023 - 12:00 WIB

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern
Trending di Fun Facts