Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Inspirasi · 7 Agu 2023 18:00 WIB ·

Menembus Atmosfer, Kisah Inspiratif di Balik Penemu Roket


Img: Unsplash @DallasNews Perbesar

Img: Unsplash @DallasNews

Dalam dunia penemuan dan inovasi, ada nama-nama yang tidak boleh dilupakan karena jasa-jasanya dalam mengubah arah peradaban manusia. Salah satu tokoh penting dalam sejarah teknologi adalah Robert H. Goddard, yaitu seorang ilmuwan dan penemu yang berdedikasi dalam bidang roket. Kisah hidupnya sebagai penemu roket ternyata penuh inspirasi dan telah membawa perubahan yang mendalam dalam eksplorasi ruang angkasa.

Seorang Tokoh Revolusioner dalam Eksplorasi Roket

Penemu Roket

Img: Pinterest

Nama Robert H. Goddard telah bersinar sebagai salah satu pionir penting dalam pengembangan teknologi roket. Beliau termasuk tokoh yang sangat berpengaruh dalam dunia astrologi. Robert H. Goddard lahir pada tanggal 5 Oktober 1882 di Worcester, Massachusetts. Sejak masa muda, minat dan dedikasinya terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawanya menjelajahi dunia penemuan yang menakjubkan.

Dari usia muda, ia telah menunjukkan minat yang mendalam terhadap ilmu pengetahuan dan eksperimen. Namun, itulah ketika ia membaca novel fiksi ilmiah karya H.G. Wells yang berjudul “The War of the Worlds”, semangatnya untuk menjelajahi luar angkasa benar-benar terlihat. Masa mudanya menghabiskan waktu membaca karya-karya ilmiah yang rumit. Bahkan pada usia muda, beliau telah berusaha merancang percobaan sederhana di laboratorium bikinannya sendiri.

Mengejar Impian di Tengah Tantangan

Penemu Roket

Img: New York Times

Pada tahun 1914, Robert Goddard menerbitkan makalah berjudul “A Method of Reaching Extreme Altitudes” yang menjelaskan gagasannya tentang menggunakan roket untuk mencapai luar angkasa. Namun, saat itu makalahnya dianggap kontroversial dan bahkan diberi tanggapan negatif dari beberapa ilmuwan terkemuka. Meskipun begitu, Goddard tidak patah semangat.

Perjuangan untuk mengembangkan roket tidaklah mudah. Robert Goddard dihadapkan pada berbagai tantangan, termasuk skeptisisme dari rekan-rekannya. Beberapa dari rekan-rekannya bahkan menyebut ide-idenya sebagai “fantasi angan-angan”. Namun, semangatnya yang tak kenal tanding dan tekadnya untuk mengatasi rintangan membawa perubahan yang mendalam dalam dunia ilmu pengetahuan.

Selama bertahun-tahun Robert Goddard melakukan percobaan bersejarah dengan meluncurkan roket berbahan bakar cair pertamanya. Meskipun hasilnya belum sepenuhnya berhasil, percobaan tersebut menandai langkah penting dalam perkembangan teknologi roket modern. Dedikasi dan ketekunannya telah membuktikan bahwa kemauan kuat dapat mengatasi rintangan apa pun. Robert Goddard terus berusaha hingga meraih kesuksesan yang mengubah dunia.

Hasil dari Perjuangan

Penemu Roket

Img: National Aeronautics and Space Administration (NASA)

Percobaan demi percobaan dilakukan oleh Robert Goddard untuk mengembangkan teknologi roket yang lebih baik. Pada tahun 1926, beliau melakukan percobaan sukses pertamanya dengan roket cair berbahan bakar cair. Tidak hanya itu, pada tahun 1929, Robert Goddard meluncurkan roket berbahan bakar padat yang mencapai ketinggian 2.7 kilometer. Beliau telah mengukir sejarah sebagai penerbangan roket pertama yang mencapai ketinggian luar biasa.

Kisah hidup Robert Goddard menginspirasi kita untuk tidak pernah berhenti bermimpi dan berjuang mengatasi rintangan. Goddard membuktikan bahwa tekad dan semangat adalah kunci untuk mencapai prestasi besar, bahkan ketika banyak hal terasa mustahil. Dedikasinya dalam mengembangkan teknologi roket bukan hanya membawa manusia ke luar angkasa, tetapi juga mendorong semangat eksplorasi yang menggebu-gebu di seluruh dunia.

Dengan demikian, pelajaran berharga dari perjalanan hidup Robert Goddard adalah bahwa dengan tekad dan imajinasi, kita memiliki potensi untuk mengubah dunia dan meraih hal-hal yang sebelumnya dianggap tidak mungkin.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya, ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 317 kali

Baca Lainnya

Dari Komedian Jadi Sutradara Gemilang, Inilah Kisah Sukses Jordan Peele

10 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Jordan Peele

Habis Gajian? 4 Buku Keuangan yang Membantu Pengeluaranmu!

9 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Buku Keuangan

Sukseskan Perayaan 17 Agustus dengan 5 Lomba Kreatif!

3 Agustus 2023 - 15:00 WIB

Lomba Kemerdekaan Indonesia

Meneladani Semangat 4 Tokoh Inspiratif yang Tak Kenal Menyerah

1 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Tokoh Inspiratif Tak Kenal Menyerah

Intip 4 Karir Cemerlang untuk Lulusan Sastra Inggris

9 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 4 Karir Cemerlang untuk Lulusan Sastra Inggris

4 Hal yang Harus Dimiliki Seorang Fisioterapis

5 Juni 2023 - 12:00 WIB

4 Hal yang Harus Dimiliki Seorang Fisioterapis
Trending di Inspirasi