Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Sains · 3 Mar 2023 18:00 WIB ·

Simak Manfaat Hamparan Rumput Bagi Lingkungan 


Img: Pexels/eberhard-grossgasteiger Perbesar

Img: Pexels/eberhard-grossgasteiger

Simak Manfaat Hamparan Rumput Bagi Lingkungan  –Tentu saja, kamu bertanya-tanya mengapa ada begitu banyak rumput di halaman dan taman kamu. Melihat hamparan rerumputan membuat mata terasa sejuk.

Area berumput di sekitar kamu bermanfaat bagi makhluk hidup dan lingkungan. Kamu juga bisa menuai manfaatnya dengan duduk dan bersantai. Namun, perhatikan apakah rumput tersebut mengandung rumput liar atau rumput buatan agar kamu dapat merasakan manfaat rumput secara maksimal.

Simak Manfaat Hamparan Rumput Bagi Lingkungan

Apa saja ya manfaat rumput untuk lingkungan? Yuk, simak sampai habis!

Mencegah api cepat menyebar

Saat terjadi kebakaran dan ada rerumputan di sekitarnya, maka rerumputan tersebut dapat menahan api agar tidak cepat menyebar. Ini karena rumput menyimpan karbon dioksida di akar dan tanahnya untuk memperlambat dan memadamkan api.

Sementara itu, pohon menyimpan CO2 di batang dan daunnya. Menurut Perubahan Iklim UC Davis, saat api membakar pepohonan, gasnya kembali ke atmosfer. Akibatnya, api yang menjalar ke pohon lebih sulit padam daripada ke rerumputan.

Memberi suasana sejuk dan asri

Sadarkah kamu bahwa memiliki rumput di sekitar rumah membuat halaman kamu terasa lebih sejuk? Yap, rumput bisa menyerap 50% panas yang dipancarkan matahari. Sebaliknya, jika tidak ada rumput di halaman rumah kamu, maka akan terasa gersang dan panas.

Suhu permukaan rumput 10-12 derajat Celcius lebih rendah dari suhu permukaan beton atau aspal, menurut Maryland Turfgrass Survey. Tercatat bahwa rumput di delapan rumah di AS memiliki kapasitas pendinginan setara dengan 70 ton pendingin udara (air conditioner). Sungguh menakjubkan, bukan?

Menjernihkan air hujan

Saat hujan, air hujan yang jatuh di rerumputan dibersihkan sebelum masuk ke air tanah. Menurut US Environmental Protection Agency, air hujan dari polutan yang bersentuhan dengannya, seperti debu, jelaga, dan polutan lainnya, sehingga aman untuk makhluk hidup.

Saat hujan asam terjadi, yang berbahaya bagi lingkungan, rumput dapat membantu menjernihkan air. Menurut Survei Turfgrass Maryland, rumput menyaring air hujan asam hingga kurang dari sepersepuluh dari keasaman aslinya.

Mencegah erosi tanah

Penanaman rumput pada tanah dapat membantu mencegah erosi atau pengikisan yang menyebabkan tanah tenggelam. Menurut Whiting et al. dari Colorado State University, rerumputan yang lebat dapat mengurangi erosi tanah akibat limpasan air hujan hingga 600 kali lipat daripada dengan areal taman.

Rerumputan tidak mudah terbawa angin saat terjadi pengikisan angin. Ini karena sistem akar rumput yang bercabang dan kuat, yang mengandung 90 persen dari berat rumput. Akibatnya, rumput harus tumbuh dengan baik di lahan yang mudah tererosi.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 63 kali

Baca Lainnya

Fenomena Langit Sepanjang 2024, Termasuk Oposisi Jupiter

8 Januari 2024 - 21:45 WIB

Fenomena Langit

4 Fakta Ilmiah Ikan Salmon, Dijuluki Raja Ikan

2 Mei 2023 - 12:00 WIB

4 Fakta Ilmiah Ikan Salmon, Dijuluki Raja Ikan

6 Perbedaan Monyet dan Kera, Jangan Sampai Salah!

4 April 2023 - 18:01 WIB

Mengenal Fenomena Langit Okultasi Venus yang Terjadi di Indonesia

25 Maret 2023 - 12:00 WIB

Cek Fakta: Berat Awan Setara Ratusan Gajah?

22 Maret 2023 - 12:00 WIB

Cek Fakta: Berat Awan Setara Ratusan Gajah?

5 Hal Buruk Jika Oksigen Hilang dari Bumi Selama 5 Detik

20 Maret 2023 - 12:00 WIB

5 Hal Buruk Jika Oksigen Hilang Dari Bumi Selama 5 Detik
Trending di Sains