Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 7 Jun 2022 21:25 WIB ·

Studi Sebut Manusia Mulai Jarang Tertawa Pada Usia 23 Tahun


Img: Pexels/Aleks Michajlowicz Perbesar

Img: Pexels/Aleks Michajlowicz

Menurut penelitian terbaru, manusia mulai jarang tertawa atau kehilangan selera humor mereka di sekitar usia 23 tahun. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh dua akademisi sekolah bisnis dari Stanford University di California, frekuensi orang tertawa atau tersenyum setiap hari mulai menurun pasa usia 23 tahun.

Sebuah studi yang telah diterbitkan dalam sebuah buku berjudul “Humour, Seriously” karya Jennifer Aaker, seorang profesor psikologi di Stanford Graduate School of Business, dan Naomi Bagdonas.

Aaker dan Bagdonas menguraikan temuan survei yang melibatkan 1,4 juta orang dari 166 negara yang berbeda dan mengukur berapa kali mereka tertawa atau tersenyum dalam sehari di buku tersebut.

Menurut temuan, usia rata-rata di mana orang mulai tersenyum dan kurang tertawa adalah 23 tahun. Hal ini membuat mereka percaya bahwa memasuki angkatan kerja akan menghasilkan lebih sedikit senyum dan tawa.

Orang dewasa bisa tertawa selama 18 menit per hari di tahun 1950-an. Sedangkan sekarang, orang dewasa hanya melakukannya selama enam menit per hari.

Faktanya, tertawa 15 kali sehari dapat menyebabkan kebahagiaan. Namun, orang dewasa di banyak negara rata-rata hanya 7,2 kali per hari.

Sebanyak 66 persen orang dewasa mengaku mengalami kehilangan selera humor karena berbagai alasan, termasuk masalah uang, cuaca buruk, pekerjaan, dan tuntutan keluarga.

Menurut temuan mereka, rata-rata anak berusia empat tahun tertawa hingga 300 kali per hari, sedangkan rata-rata orang berusia 40 tahun memerlukan selama 10 minggu untuk mencapai jumlah yang sama.

Humor penting bagi kehidupan

Humor adalah salah satu aspek terpenting dari kepribadian kita. Sebuah penelitian oleh situs kencan eHarmony menemukan bahwa berbagai jenis humor sangat penting untuk membentuk hubungan. Pasangan menikah dengan selera humor yang sama cenderung memiliki hubungan yang bahagia dan sukses dalam beberapa pernikahan mereka.

Cara meningkatkan selera humor

  1. Perbanyak tersenyum

Penelitian menunjukkan bahwa orang akan tertawa lebih keras ketika mereka tersenyum daripada ketika mereka memasang muka datar. Ini karena tubuh mereka tanpa sadar merespons sensasi tersenyum dan berasumsi bahwa mereka akan tertawa. Jika kamu ingin bahagia lebih sering, maka tersenyum akan membuat tubuh kamu merasa seperti itu.

  1. Habiskan waktu dengan orang-orang yang berenergi positif 

Jika kamu merasa sedih dan sulit untuk tertawa, berada di sekitar orang yang mengeluh hanya akan memperburuk keadaan. Jadi kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang membuatmu tertawa dan hindari mereka yang membuatmu sedih.

  1. Menonton acara TV atau film yang lucu. 

Bahkan jika kamu lebih suka film berita, drama, atau horor, cobalah untuk sesekali menghentikan rutinitas kamu dan menonton sesuatu yang lucu. 

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack